Jumat, 24 Februari 2012

tips menghabiskan akhir minggu

Sibuk dengan rutinitas setiap hari??kuliah, pacaran, ngantor, sekolah. Apapun itu yang membuat kegiatanmu semakin monoton. Dan weekend pun tidak ada kegiatan yang menyenangkan..

Nih ada tips yang bikin hidupmu lebih berwarna..Untuk weekend yang berbeda mungkin dapat diagendakan camping ceria. Berikut tips dan trik camping ceria yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
Di pantai sawangan, Gunung Kidul
Camping ceria
Selalu agendakan berkegiatan ditiap hari liburmu...Biasanya kita punya waktu libur hari sabtu dan minggu. Alternatif berkemah atau camping bareng temen-temenmu bisa jadi alternatif yang oke buat refresh kembali otak dan syaraf-syarafmu yang kaku. Tempat nggak masalah, yang penting kemasan acaranya yang harus menarik. Ada beberapa kriteria tempat camping yang cocok dan menyenangkan, seperti lokasi camping ground yang cocok. Nah  beberapa tempat yang bisa dijadikan alternatif buat berkemah ria bareng kawan-kawanmu antara lain adalah gunung atau pegunungan, pantai, perkotaan. Gunung atau pegunungan memiliki udara yang menyegarkan dan hawanya yang dingin sehingga banyak orang yang memilih tempat ini. Tempat favorit saya adalah di lereng selatan Merapi, tepatnya di dekat desa Kinahrejo (desa alm mba Marijan/juru kunci Gunung Merapi) dan juga di lereng Merbabu desa Selo. Yang menarik dari mbebeng adalah suasana sepi dimalam hari, dan anda dapat menyaksikan kota Yogyakarta di malam hari ditemani oleh purnama dan wedhang gedang (minuman khas) yang dapat membuat badan menjadi hangat. Sedangkan di Selo yang menarik adalah di pagi dan siang hari ketika anda berada di savana Selo yang luas dan menakjubkan. 

Nah untuk yang daerah pantai, saya sarankan untuk mencari pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung. Atau anda dapat mengeksplor pantai baru yang dekat dengan tempat tinggal anda. Biasanya saya dan teman-teman sebelum berkegiatan selalu mencari tau dimana tempat yang menarik dari temen-temen yang pernah kesana. Kemudian daya membuka google earth dan mencari jalan yang sesuai (karena biasanya pantai yang belum jadi obyek wisata, jalannya belum bagus). Setelah itu langsung didiskusikan bersama teman-teman dan berangkat sesuai hari yang telah disepakati. Selain pemandangannya yang bagus, anda juga dapat bermain air atau mandi di pantai. Yang biasa dilakukan adalah foto dengan background sunrise atau sunset.
Dikebun rumah pun tidak masalah, yang penting acaranya
Berkemah atau camping pada dasarnya adalah tidur menggunakan tenda dan tidak di dalam rumah. Tidak hanya pantai dan gunung yang menarik untuk ber-camping. Daerah perkotaan pun dapat dijadikan alternatif tempat untuk melakukan camping. Misalnya saja di atas gedung, di lapangan rumput, di belakang rumah/ kebun, dan bahkan dapat juga di depan rumah. Mungkin waktu kita yang terbatas atau cuaca yang kurang mendukung untuk melakukan perjalanan yang jauh, maka alternatif tempat ini menjadi pilihannya. Disamping lebih murah, barang - barang yang dibutuhkan pun tidak susah untuk mencarinya.

Dimana pun dan kapan pun itu, camping dapat dilakukan asalkan acaranya menarik. Misalnya saja pancake party, barbeque, dan lain-lain. Kalo biasanya kita bakar-bakar jagung, roti, sate, ikan, maka kita bikin makanan spesial yang lainnya. Yang tidak biasanya, misalkan saja bikin aneka macam pancake. Intinya bikin  acara masak-memasaknya menjadi seru dan berbeda. Camping biasanya selalu ada api unggunnya. Nah kalo kamu tidak suka dengan api unggun (dari konservasi juga sebaiknya tidak perlu), maka dapat kamu ganti dengan membuat api dari obor atau dari botol-botol kecil yang dikasih minyak tanah. Lebih dramatik kalo dibilang dan lebih beda. Disamping itu, perlu diingat tidak cuma logistik dan konsumsi saja yang harus diperhatikan. Bisa bikin regge party, dance together, atau permainan-permainan apa pun itu yang seru dan tidak biasa. Tidak kalah penting lagi adalah kostum yang telah disepakati. Bisa bikin sesuatu yang tidak lazim namun tidak mengandung resiko. Semua tergantung dari kemasan yang akan kalian bikin. Apapun itu, dimana pun dan kapan pun tidaklah penting. Yang penting adalah dengan siapa dan bagaimana kita pergi atau berkegiatan. 

Dan yang harus selalu diingat adalah jangan pernah mengambil apapun kecuali gambar atau foto, tidak meninggalkan apa pun kecuali jejak kaki, dan jangan membunuh apapun kecuali waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar