Rabu, 22 Februari 2012

Makanan dan makanan

Jalan-jalan ke Jogja tidak lengkap bila melewatkan wisata kuliner. Tak hanya wisata budaya, wisata alam, dan wisata baharinya yang terkenal, namun kuliner di Jogja sangat lengkap mulai dari masakan Indonesia bagian barat hingga ujung timur. Berikut ini adalah makanan - makanan yang saya rekomendasikan untuk menjadi tujuan kuliner di Jogja. Tentunya makanan yang saya share disini adalah makanan favorit saya karena rasanya yang super enak dan harganya yang relatif murah. Silahkan dijadikan alternatif tempat makan di Jogja :

Oiya tidak ada urutan ya....jadi mana aja enak kok. Dan harga makanan di bawah ini sekitar Rp 5000,00 - 20.000,00 aja.Yuk mari...

Bakso Arema
Kebanyakan penyuka makanan satu ini adalah wanitia (kurang tau alasannya apa), karena bakso adalah makanan favorit saya. Makanan yang berasal dari Malang ini begitu tersebar luas di setiap sudut kota Jogja. Tapi ada warung bakso favorit saya yang layak anda coba. Bakso urat Arema di depan Rumah Sakit dr. Yap, Jl. Diponegoro. Kalau dari arah utara yaitu dari Bunderan UGM anda bisa ke selatan, di timur jalan. Jangan dilihat dari segi warungnya yang merupakan warung tenda kecil. Jika anda kesana pada jam makan siang, pasti anda akan berebut tempat duduk dengan konsumen lainnya. Harganya relatif murah yaitu cukup dengan Rp 7000,00 anada dapat menikmati bakso urat dan bakso daging sapi dengan pangsit dan bakso gorengnya. Warung bakso ini buka dari pukul 10.00-habis (biasanya sore sudah habis). 

Oseng-oseng mercon
Bagi anda penyuka pedas, jangan lewatkan makanan yang satu ini. Oseng-oseng mercon yang saya rekomendasikan ada dua. Pertama di jalan Ahmad Dahlan sebelah barat Malioboro. Berjejer warung oseng-oseng mercon. Cari aja warung oseng-oseng mercon mbak Bella depan halte trans Jogja Ahmad Dahlan. Kedua adalah warung makan Ponorogo di terminal Condong Catur. Warung oseng-oseng mercon biasa mulai buka pada sore hingga malam hari. Cocok untuk makan malam. warung makan ponorogo ini tidak hanya menyediakan oseng-oseng mercon saja, namun juga ada banyak sekali menu yang dapat anda pilih. Menu andalan saya adalah sate kambing ponorogo (Rp 9000,00) dan tengkleng ayam (Rp 8000,00). 

Sate Klatak
Terletak di depan pasar Imogiri lama, dengan harga sekitar 13.000 rupiah dengan daging yang empuk dan nikmat. Selain sate klatak, sebaiknya anda memesan juga gulai balung yang super mantap dengan harga yang sama. Inget ya, beli yang di depan pasar imogiri lama setelah pukul 18.30 wib karena bukanya emang malam.

Gudeg batas kota
Tenang mau jam berapa pun mencari makanan di Jogja pasti mendapatkannya. Gudeng batas kota tepatnya di Jalan Afandi atau di Jalan Gejayan depan pasar Demangan ada warung yang menyediakan ramesan. Buka malam hari hingga dini hari. Makanan dapat dipilih sendiri pake sayur atau lauk yang mana. Harga relatif murah mulai dari 4000-an hingga 15000-an sudah sama minumnya.

Gulai tikus
Jangan dikira gula daging tikus ya. Ini adalah gulai kambing yang berada di tikungan persis perempatan Tugu Jogja, makanya di sebut gultik alias gulai tikungan, sehingga banyak orang-orang yang menyebutnya sebagai gulai tikus. Harganya pun nggak perlu diragukan lagi, sekitaran 6500 - 9000-an.

Sate Sapi lontong sayur
Anda dapat mengunjungi jogja bagian barat, lebih tepatnya adalah di jalan godean. Tepatnya adalah di jalan munggur atau depan warung sate munggur. Sate sapi dengan lontong sayur ini sangat nikmat disantap di malam hari dengan jumlah sate sekitar 10 tusuk. Disediakan kuah yang rasanya cukup unik, yaitu berasa manis, asin, asem, dan pedas. Harganya sekitar 11000-an sudah termasuk minum teh anget.

segitu dulu deh..untuk minuman nanti aja ya disambung lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar