Sabtu, 11 Agustus 2012

jalan-jalan asyik dengan kantong ajaib doraemon


Sebuah perjalanan baik itu sendiri maupun berkelompok akan lebih nyaman kalau kita sudah mempersiapkan dengan matang. Berikut ini saya akan membagi sedikit, mengenai beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika kita akan mengadakan travelling.

       1. Kemana kita akan pergi?
Tempat tujuan merupakan salah satu hal yang perlu kita perhatikan ketika melakukan perjalanan. Misalnya saja ke pantai tentu barang yang kita bawa tidak sama dengan ketika kita akan pergi ke gunung. 
      2. Berapa lama kita melakukan sebuah perjalanan?
waktu tempuh dan lamanya kita melakukan perjalan sangat penting terkait dengan jumlah logistik yang akan kita bawa dan juga dana yang kita miliki.
      3. Apa tujuan kita melakukan perjalanan?

nah tujuan kita ini hanya sekedar jalan-jalan, eksplorasi tempat, atau kegiatan yang memang ada target pencapaiannya?
      4. Bagaimana kita melakukan perjalanan

cara kita ke tempat tujuan menjadi penting ketika kita akan memilih barang yang akan kita bawa.

Nah kalo keempat point tadi sudah ada di dalam pikiran kita, maka selebihnya adalah membuat catetan. Catetan adalah awal dalam membuat perencanaan.

Satu hal dari saya dalam setiap perjalanan kemana pun tempat yang dituju saya selalu membawa tiga macam, yaitu alat tulis (buku kecil+pena), alat komunikasi (HP), dan data pribadi (KTP, Pasport dan copy-annya). 

Pemilihan tas sangat penting dalam melakukan perjalanan. Biasakan membawa tas yang efisien selain tas utama seperti tas jinjing, bodypack, daypack untuk membawa ketiga macam barang yang tadi telah disebut.

Jadi intinya adalah seorang traveler sebelum berangkat akan mengetahu dulu kemana dan ngapain dia melakukan traveling. 

Kunci keberhasilan adalah kemauan. Kalau kita mau pasti mampu dan perjalanan pun terjadi dengan nyaman.

Oya sekedar masukan dari saya ketika naik kapal dalam waktu yang lama minimal 5 jam maka sebaiknya anda sudah membawa makanan sendiri yang tahan lama, misalnya kering tempe, roti tawar, dsb. Karena kalau anda membeli makanan di kapal dijamin rasanya hambar (kecuali kalau mie instan):D:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar